July 14, 2019

Apakah Anda pernah bangun dan menemukan kucing Anda berbaring di dada, menatap langsung ke mata Anda? Atau mungkin Anda merasa mata hijau itu melubangi punggung Anda saat Anda mengerjakan komputer Anda? Apa yang dipikirkan kucing Anda?

Anda telah membaca bahwa kontak mata langsung di dunia kucing dianggap sebagai ancaman, jadi Anda mungkin bertanya-tanya, “Apa yang saya lakukan?”

Jawabannya mungkin bukan apa-apa. Ada beberapa skenario berbeda yang mungkin melibatkan kucing yang menatap Anda — inilah cara Anda membedakannya.

Nilailah Bahasa Tubuh Kucing Anda
Mata mungkin menjadi jendela bagi jiwa, tetapi sebelum Anda terlalu khawatir bahwa kucing Anda mungkin akan menyebabkan kematian Anda, ingatlah bahwa komunikasi kucing lebih dari sekadar kontak mata. Langkah pertama Anda adalah membaca bahasa tubuhnya — mulai dari mata hingga ujung ekor.

Kucing Bahagia
Ketika Anda menemukan kucing Anda sedang menatap Anda, apakah ia berdiri tegak dengan posisi kaku dengan ekornya di bawah? Cara postur kucing Anda bisa mengatakan banyak hal tentang perasaan mereka.

Dua postur tubuh yang berbeda disertai dengan tatapan memberikan dua cerita yang berbeda. Jika kucing Anda menatap Anda, berkedip perlahan saat ia beberapa inci dari wajah Anda, perilaku kucing ini sebenarnya adalah tanda kasih sayang.

Berkedip adalah gerakan ramah, jadi kita dapat dengan aman berasumsi bahwa ketika dikombinasikan dengan bahasa tubuh yang longgar dan santai, kucing Anda memberi tahu Anda bahwa ia ingin berada di dekat Anda dan menghabiskan waktu bersama Anda.

Atau, ini mungkin caranya membangunkan Anda. Apakah dia ingin sarapannya segera atau ingin Anda bangun dan menemaninya, bahasa tubuh ini ramah dan berarti dia hanya ingin perhatian Anda.

Kucing Marah
Bahasa tubuh yang longgar dan rileks tidak terlihat pada kucing yang akan menyerang. Seekor kucing yang sedang kesal akan menunjukkan tanda-tanda, seperti pelebaran pupil, telinga berpaling ke samping, tubuh yang lebih kaku dan ekor yang gelisah yang bergoyang-goyang dari sisi ke sisi.

Bahasa tubuh itu, selain kontak mata langsung, jelas merupakan ancaman potensial dan sinyal bahwa kucing Anda membutuhkan ruang. Dalam hal ini, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menghindari mata Anda, mengalihkan perhatian kucing Anda dan mengalihkan perhatiannya ke aktivitas lain untuk menambah jarak antara Anda dan kucing Anda.

Anda dapat membuat sedikit ketukan di meja Anda atau melemparkan selembar kertas kusut atau pena di seberang ruangan agar kucing Anda kejar.

Baik kucing Anda bermain atau tidak, ia membantu memutus kontak mata dan meredakan ketegangan. Saat kucing Anda terlihat lebih tenang, libatkan dia dalam aktivitas yang benar-benar disukainya, seperti mengejar mainan pancing atau bermain-main di sekitar mainan kucing keritingnya.

Kucing Takut
Jika kucing Anda menatap Anda dan dia berjongkok dengan ekornya terselip di bawah tubuhnya, atau jika ia bersembunyi di balik selembar furnitur, ini merupakan indikasi kucing Anda takut.

Apa pun yang Anda lakukan secara tidak sengaja, seperti melompat dan bersorak ketika tim sepak bola Anda mencetak touchdown atau tanpa sengaja tersandung dan menjatuhkan item, Anda telah menakuti kucing Anda. Terkadang itu bisa menjadi suara yang didengar kucing Anda di luar rumah.

Dalam benaknya, dia mengawasi bahaya. Dia akan menatap siapa pun yang terdekat, membuat suara paling keras atau bergerak. Ini akan menjadi saat yang tepat untuk mengambil napas meditasi dalam-dalam untuk menenangkan diri.

Sambil menjaga jarak agar tidak menakuti kucing Anda lebih jauh, ambil beberapa makanan kucing yang lezat, seperti memperlakukan kucing kering-ayam PureBites atau makanan liar kering-beku Salmon Esensial Alaska yang dikeringkan, dan melemparkannya ke arah kucing Anda.

Jika dia adalah penggemar berat dari makanannya, akan sangat sulit baginya untuk tetap takut dan memakan barang kesukaannya. Anda juga dapat mencoba menempatkan kudapan tersebut di mainan interaktif kucing atau pusat makan, seperti mainan kreator bola kucing KONG aktif atau mainan interaktif kucing papan kegiatan Trixie. Bekerja untuk makanannya akan membantu mengalihkan pikirannya dari apa pun yang sebelumnya membuatnya takut.

Bagaimana Kucing Belajar Mendapatkan Perhatian Anda
Kucing bisa menjadi sangat pintar dalam hal mempelajari cara menarik perhatian pemiliknya. Dari menyuarakan langsung ke tatapan kucing yang lebih halus, kucing bukan orang asing ketika datang untuk mengatakan, “Hei! Lihat saya.”

Saya tahu bahwa saya selalu berbicara dengan dan memelihara kucing saya lebih banyak ketika saya melihat mereka menatap saya. Jadi, kucing yang menatap saya adalah cara kucing saya mengisyaratkan keinginan mereka agar saya terlibat dengan mereka.

Beberapa kucing telah belajar, seperti halnya beberapa anjing, untuk duduk di depan pemiliknya dan menatap agar pemiliknya memberi makan atau bermain dengan mereka.

Menatap mungkin kasar di masyarakat manusia, tetapi di dunia binatang, itu menyampaikan banyak pesan berbeda. Pelajari apa yang dikatakan kucing Anda kepada Anda untuk memperkuat ikatan Anda dengan kucing Anda.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *