July 14, 2019

Saat Anda melakukan kegiatan sehari-hari, Anda mungkin melihat anjing diam-diam menatap Anda. Insting pertama Anda mungkin merasa sadar diri; apakah rambut saya acak-acakan? Apakah ada sesuatu yang tersangkut di gigiku?

Tetapi, alih-alih mengasumsikan yang terburuk ketika pertanyaan, “Mengapa anjing saya menatap saya?” Berjalan di kepala Anda, yakinlah bahwa tatapan anjing Anda bukanlah penilaian atas penampilan pribadi Anda.

Anjing telah mengembangkan hubungan yang dekat dan dijinakkan dengan manusia selama ribuan tahun. Hubungan ini memungkinkan anjing menjadi mahir dalam mengamati dan merespons perilaku manusia.

Dalam banyak kasus, tatapan adalah perilaku anjing normal yang digunakan untuk mengomunikasikan beberapa jenis emosi, keinginan atau kebutuhan. Jika Anda menangkap anjing Anda menatap Anda, kemungkinan karena salah satu alasan berikut.

Antisipasi atau Keinginan
Saat Anda makan, apakah anjing Anda menatap Anda dengan penuh harap? Jika demikian, dia hanya menunggu sepotong jatuh ke lantai atau bagi Anda untuk hanya meletakkan sepotong di mulutnya.

Sayangnya, perilaku anjing ini sering dipelajari; jika Anda memberi anjing Anda makanan atau makanan lain saat Anda makan, ia akan belajar mengantisipasi hadiah yang sama kapan pun Anda makan. Selain waktu makan, anjing Anda mungkin menatap Anda karena dia ingin bermain atau karena mainan yang ia mainkan telah terjebak di bawah sesuatu, dan dia ingin Anda membawanya keluar untuknya.

Jika anjing Anda perlu buang air kecil, ia akan menatap Anda untuk mengomunikasikan kebutuhannya untuk pergi keluar.

Arah yang diinginkan
Saat anjing Anda terlatih, ia akan menatap Anda untuk menunggu isyarat. Misalnya, jika Anda berjalan-jalan dan mendekati penyeberangan, anjing Anda mungkin menatap Anda untuk menentukan apakah ia harus duduk atau terus berjalan.

Anjing Anda ingin menyenangkan Anda, sehingga pandangannya akan menjadi pertanyaan tentang apa yang harus ia lakukan selanjutnya untuk membuat Anda bahagia.

Menunjukkan Kasih Sayang
Cinta anjing tanpa syarat sering tak tertahankan. Ketika orang tua anjing dan hewan peliharaan telah mengembangkan ikatan yang dekat dan emosional, anjing kadang-kadang akan menggunakan tatapannya untuk menunjukkan kasih sayang.

Dengan tatapan penuh kasih sayang, seekor anjing akan memiliki ekspresi lembut di wajahnya dengan matanya yang sedikit menyipit. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa tatapan penuh kasih sayang antara anjing dan manusia meningkatkan kadar oksitosin, yang biasa disebut “hormon cinta.”

Membutuhkan Perlindungan
Ketika seekor anjing buang air besar, mereka mungkin menatap orangtua hewan peliharaan mereka. Orang tua hewan peliharaan mungkin bertanya-tanya, “Mengapa anjing saya menatap saya ketika dia buang air besar?”

Inilah alasannya: Ketika seekor anjing dalam posisi untuk buang air besar, ia relatif tidak berdaya. Dia akan menatap Anda ketika dia buang air besar untuk meyakinkan bahwa Anda akan melindunginya saat dia dalam posisi rentan.

Membaca Ekspresi Wajah
Anjing sangat pandai membaca dan menafsirkan ekspresi wajah manusia. Anjing Anda mungkin menatap Anda untuk membaca ekspresi wajah Anda dan menentukan apa yang harus ia lakukan selanjutnya.

Misalnya, jika Anda memiliki ekspresi khawatir di wajah Anda, anjing Anda mungkin memutuskan untuk meringkuk di sebelah Anda untuk mencoba menghibur Anda.

Menampilkan agresi
Ini adalah saat perilaku menatap anjing menjadi masalah. Jika anjing Anda posesif terhadap suatu benda, seperti mainan anjingnya atau mangkuk anjingnya, ia akan memberi Anda tatapan dan geraman keras sebagai peringatan untuk mundur.

Jika anjing Anda memberi Anda tatapan ini, mundur perlahan, dan jangan terus menatapnya.
Tatapan agresif menandakan masalah perilaku. Mintalah konsultasi dengan dokter hewan atau ahli perilaku dokter hewan untuk memperbaiki masalah ini.

Secara umum, tatapan anjing adalah hal yang baik dan mengkomunikasikan sinyal positif antara anjing dan manusia. Jika tatapan seekor anjing membelok ke arah agresi, maka inilah saatnya untuk mencari bantuan profesional dari dokter hewan dan spesialis perilaku anjing.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *