July 14, 2019

Apakah Anda memiliki anjing pemalu? Beberapa anjing dilahirkan dengan kepribadian yang pemalu, sementara anjing lain memiliki pengalaman hidup yang menyebabkan mereka menjadi takut. Apa pun alasannya, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak anjing Anda mendapatkan kepercayaan diri dan merasa lebih nyaman dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Dari mana Takut Berasal?
Antara usia 7 dan 14 minggu, anak-anak anjing menjalani apa yang dikenal sebagai periode sosialisasi kritis. Ini adalah periode waktu ketika bagian otak yang membangun asosiasi berkembang dengan cepat, dan juga saat anjing dapat mengembangkan ketakutan atau fobia.

Sering kali, seekor anjing mengembangkan rasa takut karena sesuatu terjadi selama masa sosialisasi kritis yang membuatnya takut. Akibatnya, ia mungkin dikondisikan untuk takut akan hal itu, atau ia mungkin menjadi anjing pemalu atau gugup pada umumnya.

Anjing-anjing yang gugup atau malu-malu ini dapat mengambil manfaat dari latihan membangun kepercayaan diri yang dapat membantu melatih otak mereka dan menghilangkan stigma ketakutan yang melekat pada berbagai situasi atau hal.

Bagaimana Latihan Membangun Percaya Diri Berfungsi untuk Anjing?
Dalam perilaku anjing, latihan membangun kepercayaan disebut sebagai pelatihan desensitisasi dan kontra-kondisi. Idenya adalah bahwa latihan itu membuat anjing tidak peka terhadap stimulan yang menakutkan — entah itu orang asing, anak-anak, atau suara perkusi yang keras, seperti kembang api — sehingga anjing tidak lagi takut dengan kehadiran benda-benda ini.

Pada saat yang sama, latihan melawan kondisi akan membantu untuk membangun respons perilaku baru terhadap objek ketakutan anjing. Misalnya, jika seekor anjing takut dengan sepeda, maka latihan akan dirancang untuk membantu anjing berhenti menjadi takut dengan fokus pada kegiatan yang berbeda, seperti duduk dengan sopan.

Cara Mendesensitisasi Anjing Anda ke Stimulus yang Mendorong Ketakutan
Rahasia pertama adalah menemukan hadiah pelatihan yang disukai anjing Anda, benar-benar disukai dan hanya menggunakannya selama latihan membangun kepercayaan. Jika itu adalah kudapan anjing, maka kudapan tersebut harus dapat dipecah menjadi potongan-potongan kecil yang membutuhkan sedikit kunyah.

Idenya adalah untuk perlahan-lahan memperkenalkan kembali anjing Anda ke rangsangan yang menyebabkan rasa takut mereka pada jarak yang cukup jauh untuk menghindari memunculkan respons rasa takut. Saya menyebutnya, “latih anjing Anda di bawah ambang batas.”

Jumlah ruang yang dibutuhkan akan bervariasi untuk setiap anjing; untuk beberapa itu 20 kaki, dan untuk yang lain, itu mungkin panjang lapangan sepak bola. Jika anjing Anda takut pada suara, seperti kembang api, mainkan rekaman pada volume yang cukup lembut sehingga anjing Anda tidak takut.

Untuk memulai, letakkan anak anjing Anda di tali anjing dan, pada jarak atau volume yang aman — di mana anjing Anda tahu ada hal yang menakutkan tetapi tidak menunjukkan tanda-tanda ketakutan — minta anjing Anda untuk duduk dan memperhatikan. Saat anjing Anda melakukannya, beri hadiah dengan boros dan berikan pujian.

Jika anjing Anda bertingkah bahagia dan percaya diri, ambil satu langkah ke arah hal yang menakutkan, atau naikkan rekaman, dan ulangi latihan. Ulangi setiap hari atau dua kali sehari, semakin dekat dan dekat dengan hal yang menakutkan dengan setiap pengulangan.

Anjing Anda akan mulai membangun hubungan positif dalam benaknya antara hal menakutkan dan hal favoritnya, dan tak lama kemudian, anjing Anda akan secara otomatis duduk dan menatap penuh harap pada Anda, menunggu camilan setiap kali ada hal menakutkan.

Jika anjing Anda menunjukkan tanda-tanda ketakutan, berhentilah berolahraga dan coba lagi keesokan harinya pada jarak yang lebih jauh dari hal yang menakutkan. Jika Anda bahkan tidak dapat memulai membangun kepercayaan diri karena anjing Anda terlalu pemalu, gugup, takut-takut atau takut, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk meminta bantuan ahli perilaku anjing.

Ingat saja, anjing Anda membutuhkan belas kasih dan kesabaran Anda. Dibutuhkan banyak keberanian bagi anjing untuk mengatasi masalah kegugupan mereka, dan mereka akan membutuhkan dukungan Anda. Penting juga bahwa Anda tetap tenang dan santai, karena anjing Anda akan mencari petunjuk dan petunjuk emosional dari Anda.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *