July 14, 2019

Mengetahui bahwa seekor anjing kesakitan itu mengecewakan. Jadi, ini adalah reaksi yang dimengerti untuk ingin melakukan sesuatu — apa saja — untuk meringankan rasa sakit anjing sesegera mungkin.

Namun, sejauh mungkin menggoda untuk mendapatkan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas seperti ibuprofen, aspirin atau acetaminophen dan memberikannya kepada anjing keluarga, Anda harus menghindarinya dengan cara apa pun. Obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas (obat bebas) dan obat manusia bisa sangat berbahaya, bahkan berakibat fatal, jika digunakan secara tidak benar pada anjing. Anjing tidak boleh diberikan Advil, aspirin, Tylenol atau obat pereda nyeri lainnya yang dikonsumsi manusia.

NSAID dan Asprin untuk Anjing –Apakah Mereka Berbahaya?
Beberapa penghilang rasa sakit bebas yang paling umum masuk dalam kategori antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Contoh umum termasuk aspirin, bayi aspirin ibuprofen dan naproxen. Mereka semua bekerja dengan menghambat enzim yang disebut cyclooxygenase yang bertanggung jawab untuk produksi prostaglandin yang meningkatkan peradangan, demam, dan rasa sakit.

Tetapi prostaglandin juga memainkan banyak peran lain dalam tubuh, termasuk mempertahankan aliran darah yang cukup ke ginjal, produksi lapisan lendir yang melindungi lapisan dalam saluran pencernaan dari asam lambung dan pembekuan darah normal. Ketika fungsi-fungsi ini dikurangi, anjing dapat mengalami muntah dan diare (seringkali berdarah), masalah usus, kehilangan nafsu makan, gangguan perdarahan, disfungsi atau kegagalan ginjal atau hati. Mereka bahkan bisa mati tanpa perawatan yang tepat. Tidak aman untuk memberi anjing Anda jumlah aspirin, ibuprofen (Advil), naproxen, atau antiinflamasi lainnya yang ditujukan untuk manusia.

Masalah dapat muncul dengan penggunaan NSAID pada anjing karena beberapa alasan:
Kadang-kadang pemilik akan memberikan (atau seekor anjing akan masuk) dosis tinggi yang tidak tepat dari satu atau lebih dari obat-obatan ini.

Anjing tertentu sangat sensitif terhadap merek NSAID manusia dan dapat mengembangkan efek samping berbahaya bahkan ketika dosis yang tepat diberikan.

Penggunaan bersamaan dari obat-obatan lain (mis., Kortikosteroid) dan / atau adanya kondisi kesehatan tertentu (mis., Penyakit pencernaan, hati, atau ginjal) dapat membuat penggunaan NSAID untuk anjing lebih berisiko daripada biasanya.

(CATATAN: Kucing sangat sensitif terhadap efek samping NSAID, tetapi karena lebih banyak anjing yang terpapar obat-obatan ini, lebih banyak kasus toksisitas NSAID dilaporkan pada anjing dibandingkan dengan kucing.)

Bagaimana dengan Tylenol untuk Anjing?
Acetaminophen (Tylenol) menyajikan cerita yang sedikit berbeda. Acetaminophen bukan NSAID. Tidak ada yang tahu pasti cara kerjanya untuk mengurangi rasa sakit dan demam (itu tidak memiliki efek pada peradangan), tetapi ketika anjing menelan jumlah acetaminophen beracun, itu menghancurkan sel-sel hati mereka, merusak ginjal dan mengubah hemoglobin, molekul pembawa oksigen di darah, hingga methemoglobin mengakibatkan pengiriman oksigen yang buruk ke seluruh tubuh dan kerusakan jaringan.

(CATATAN: Kucing sangat sensitif terhadap efek buruk acetaminophen sehingga hanya satu tablet kekuatan biasa yang dapat menyebabkan kematian.)

Apa Yang Dapat Saya Berikan Anjing Saya Untuk Menghilangkan Rasa Sakit?
Untuk semua alasan di atas, Anda tidak boleh memberikan NSAID, seperti aspirin dan ibuprofen, atau penghilang rasa sakit lainnya, seperti Tylenol, kepada anjing atau hewan peliharaan lain tanpa pengawasan dokter hewan. Perusahaan obat telah merancang obat sakit hewan peliharaan khusus yang lebih aman dan efektif daripada yang dirancang untuk manusia. Dengan rekomendasi dokter hewan, Anda dapat mengakses obat pereda nyeri resep untuk anjing yang dapat dengan aman dan efektif membebaskan hewan peliharaan Anda dari ketidaknyamanan. Dengan resep, Anda dapat memilih dari merek-merek seperti Carpofen, Etodolac dan Meloxicam.

Dengan pengetahuan khusus tentang riwayat kesehatan anjing, dokter hewan dapat membuat diagnosis yang tepat untuk menentukan obat dan dosis mana yang paling tepat untuk anjing Anda dan merancang rencana pemantauan yang akan membuat perawatan seaman mungkin.

Tindakan Pengurang Rasa Sakit Lainnya
Namun, pengobatan yang tepat bukanlah satu-satunya cara untuk meredakan sakit anjing. Kondisi peradangan kronis seperti radang sendi umum sering merespon dengan baik terhadap modifikasi diet. Misalnya, makanan anjing yang dilengkapi dengan asam lemak omega-3 seperti asam eikosapentanoat (EPA) dapat mengurangi peradangan sendi dan rasa sakit yang terkait dengannya. Selain itu, anjing yang kelebihan berat badan mendapat manfaat besar dari rencana penurunan berat badan yang meliputi diet dan olahraga.

Makanan dengan kepadatan kalori yang lebih rendah tetapi jumlah protein normal dapat membantu anjing menurunkan berat badan sambil mempertahankan massa dan kekuatan otot. Mengurangi lemak tubuh dan meningkatkan massa tubuh tanpa lemak mengurangi stres pada persendian dan peradangan di seluruh tubuh.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *