July 15, 2019

Mamalia darat terbesar di planet kita, Gajah, mungkin juga salah satu yang paling menarik dan kompleks. Kita tahu bahwa Gajah adalah mamalia yang cerdas dan sangat sosial.

Raksasa lembut ini dan juga hewan asli Afrika, telah menjadi subjek penelitian dan studi oleh para ilmuwan selama bertahun-tahun, dan kami masih terus belajar hal-hal baru tentang mereka.

Dalam artikel ini kami akan membagikan 15 fakta menarik tentang Gajah yang mungkin atau mungkin tidak Anda ketahui tentang Gajah!

Gajah bisa menangis
Gajah telah diamati menunjukkan kesedihan dan bahkan menangis, dibuktikan ketika mereka dibebaskan dari penjaga binatang dan kebun binatang yang kejam.

Terkait dengan Aardvarks
Secara mengejutkan, gajah secara genetik terkait dengan hewan burok malam hari, aardvark. Hubungannya jauh, tetapi mereka memiliki DNA yang sama.

Gunakan kotoran sebagai tabir surya
Meskipun penampilannya keras, kulit Gajah sebenarnya cukup sensitif. Karena itu mereka menyiram diri mereka sendiri dan anak-anak mereka dengan debu untuk melindungi mereka dari sinar UV matahari.

Mereka menghormati tulang-tulang orang mati
Gajah telah diamati menghabiskan waktu dua kali lebih banyak mengamati tengkorak gajah daripada hewan lainnya. Mereka juga telah diamati menendang kotoran di atas kerangka mereka dan menutupinya dengan daun sebagai tanda kehormatan.

Mereka membutuhkan orang tua mereka
Gajah hidup dalam kelompok matriarkal yang dipimpin oleh perempuan tertua. Selama masa hidupnya yang panjang, ia memiliki waktu untuk memperoleh pengetahuan penting seperti bagaimana menemukan makanan dan sumber air serta bagaimana berkomunikasi dengan Gajah lainnya.

Pengetahuan ini kemudian diturunkan ke Gajah yang lebih muda untuk membantu kelangsungan hidup mereka.

Kerabat terdekat mereka adalah hyrax batu, manate dan duyung
Kerabat terdekat yang diketahui dengan Gajah adalah Rock Hyrax. Seekor mamalia kecil yang memiliki kesamaan sifat dengan gajah, memiliki gading yang tumbuh dari gigi seri serta kesamaan dalam organ reproduksi mereka.

Selain itu, Gajah juga memiliki hubungan jauh dengan Manatee dan Dugong yang semuanya memiliki nenek moyang yang sama, Tethytheria, yang mati lebih dari 50 juta tahun yang lalu.

Batang mereka adalah alat yang sangat serbaguna
Belalai ikon Gajah adalah alat yang sangat bermanfaat bagi kehidupan mereka. Ini terdiri dari hingga 100.000 otot yang kuat dan cekatan.

Misalnya, ia dapat merobek batang pohon dan mengangkat benda-benda berat dari jalurnya, tetapi juga dapat mengambil bilah rumput individu.

Mereka dapat menderita PTSD
Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Gajah adalah hewan yang lembut dan sensitif. Mereka rentan terhadap peristiwa traumatis yang biasanya disebabkan oleh pemburu liar yang menyalahgunakan mereka sebagai anak sapi.

Mereka adalah perenang yang luar biasa
Tubuh mereka yang besar memiliki daya apung yang cukup untuk tetap mengapung di air, dan mereka juga mengangkat belalai mereka di atas air ketika menyeberangi sungai yang dalam.

Mereka membantu mereka yang ketakutan, sakit dan sekarat
Gajah telah diamati untuk menghibur satu sama lain dengan menyentuh secara fisik dan membuat panggilan ketika mereka merasakan ada yang lain dalam kesulitan.

Dapat mendengar melalui kaki mereka
Gajah memiliki kemampuan luar biasa untuk mendengar suara infrasonik melalui kaki mereka. Untuk berkomunikasi jarak jauh dan antara kelompok-kelompok Gajah lainnya, mereka membuat keributan rendah yang dapat melakukan perjalanan sejauh 6 mil.

Dapat membedakan bahasa manusia yang berbeda
Mereka sebenarnya bisa membedakan tidak hanya bahasa yang berbeda, tetapi juga usia dan jenis kelamin pengasuh mereka.

Ingatan yang bagus
Gajah dapat mengingat pengasuh mereka, Gajah lain dan manusia selama beberapa dekade setelah mereka terakhir kali melihatnya.

Rumit
Seperti yang Anda ketahui sekarang, Gajah dapat mengkomunikasikan emosi, melalui panggilan dan gerakan, serta melalui getaran rendah infrasonik. Namun, masih ada perilaku lain tentang raksasa lembut yang belum kita pecahkan, karena betapa kompleksnya mereka.

Mereka memiliki keterampilan matematika
Spesies ini menunjukkan keterampilan matematika ketika Gajah Asia di Jepang dilatih untuk menggunakan komputer dengan panel layar sentuh untuk menghitung jumlah buah.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *